contoh program menggerakkan 10 lampu pada simulator for arduino - Moh. Nikmat

Postingan

contoh program menggerakkan 10 lampu pada simulator for arduino

haaii.. assalamualaikum wr. wb. jumpa lagi dengan sayaa..
pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah code sederhana pada simulator for arduino. "simulator for arduino" merupakan aplikas yang digunakan untuk digunakan sebagai pengganti arduino sungguhan. sehingga, aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja.

jadi, kta tidak perlu membeli arduino board atau papan arduino jika hanya untuk belajar saja. sehingga biaya yang kita keluarkan tidak perlu dalam - dalam menguras kantong kita. ya namanya juga simulator.. itulah fungsi utamanya..

sebenarnya, saya mendapatkan pelajaran tentang arduino ini pada semester 2 lalu..  dan sayapun mendapat kan tugas untuk menghidupkan lampu secara bergantian.. saya pun mengetes code saya, saya mencoba untuk mengetesnya di aplikasi yang satu ini.. yaitu "simulator for arduino". karena saya tidak memiliki arduino board secara pribadi..

aplikasi ini terbilang cukup mudah bagi para pemula.. karena, kalian tidak perlu membuat atau merangkai rangkaian papan arduino.. jadi, kita hanya perlu menulis code atau programnya saja. sehingga saya sangat suka sekali dengan aplikasi ini. ya walaupun dengan kemudahan itu membuat kita sedkit malas. hehe

oya.. code ini merupaan code untuk menghidupkan lampu secara bergiliran.. jadi tidak serta merta langsung hidup semua.. ya kalau langsung hidup semua kan gak asik ya.. sama aja kayak tanpa coding.. kayak lampu rumaha gitu...

oya.. saya tekan kan lagi nih... code ini merupakan program untuk menghidupkan lampu secara bergantian dan berurutan..  lalu bergiliran seperti apa sih yang di maksud code ini ? nah, untuk lebih jelas dan lebih pahamnya, silahkan lihat gambar screenshoot yang ada di bawah ini... ini diaaa..

            

nah itu dia cara kerja programnya.. ya cukup simple emang.. tapi, bagi pemula, itu saja sudah cukup ajaib kok.. hehe karena pada saat pertama saya mencoba pada kegiatan praktek sayaa, saya merasa senang dan sedikit wah ketika melihat code ini di jalan kan pada arduino board sungguhan.. hehe ya maklum lah.. saya waktu itu kan baru pertama kali liat yang beginian...

ya walaupun sudah banyak sebenarnya di cafe - cafe maupun restaurant, yang memakai lampu berkedip - kedip.. bahkan kedipannya sudah beraneka ragam.. namun, membuat dan terlibat dalam proses pembuatannya, sedikit membuat rasa bangga.. ya walaupun dengan tambahan kata sederhana.. hehe

oya., setelah saya jelaskan cara kerja program ini, dan mudah - mudahan kalian bisa mengerti jalan program atau code ini.. hehe.. yasudah langsung saja yuk saya berikan code nya ... ini dia...


const int ledcount = 10;

int ledpin[] = {2,3,4,5,6,7,8,9,10,11};
int ledposisi = 0;

voif setup(){
for (int thisled = 0; thisled < ledcount; thisled++){
pinMode(ledpin[thisled], OUTPUT);
}
}

void loop() {
for (int thisled = 0; thisled < ledcount; thisled++) {
if (thisled == ledposisi) {
digitalWrite(ledpin[thisled], HIGH);
}
else {
digitalWrite(ledpin[thisled], LOW);
}
}
ledposisi++;
if (ledposisi >= 10){
ledposisi = 0;
}
delay(100);
}


nah itu dia code atau program nya.. cukup pendek ya programnya.. ya maklum saja.. kan emang sederhana.. jadi jangan heran kalau pendek.. tapi kalau pendek, pastinya akan lebih mudah di pahami kan...

oya.. kalian juga dapat menggunakan code diatas untuk di jadikan atau diupload kedalam arduino board asli. namun, kalian juga harus menempatkan pin pin lampunya pada pada pin 2 sampai 11. sesuai pada code diatas. namun kalian juga dapat merubahnya sesuka kalian. silahkan copy paste saja program diatas dan utak atik sesuai selera kalian.

mungkin hanya itu saja pada postingan kali ini. semoga bermanfaat dan kurang lebihnya saya mohon maaf... oya.. jangan lupa berkomentar ya... dan apabila tidak keberatan, minta tolong share ketemen p temen kalian ya.. siapa tau bisa mendatangkan manfaat... oke sekian dulu ya dan wassalamualaikum wr. wb.
Please write your comments