program menghidupkan lampu dengan button pada simulator for arduino - Moh. Nikmat

Postingan

program menghidupkan lampu dengan button pada simulator for arduino

haii.. assalamualaikum wr. wb.  jumpa lagi denngan saya...
pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah source code untuk aplikasi simolator for arduino. dan juga dapat  digunakan untuk diupload pada arduino board sungguhan. program ini menggunakan  2 buah button atau tombol untuk menghidup kan dan mematikan sebagian lampu yang kita gunakan dan yang saya gunakan disini ada 8 buah lampu.

nah jika kalian ingin menjalankan program ini di arduino board sungguhan, silahkan siapkan alat - alatnya terlebih dahulu ya.. mungkin alat - alat nya kurang lebih adalah 2 buah button untuk menghidupkan lampu, 8 buah lampu, dan satu buah papan arduino.. oya jangan lupa kabel - kabelnya ya.. dan kabel usb untuk meng upload code nya ke arduino nya.. setelah itu rangkai bahan - bahan itu sesuai dengan code atau program di bawah ini.. jika tidak sama, maka tidak akan bekerja dengan baik..

namun, kalian tidak perlu repot - repot mencari bahan - bahan yang saya sebutkan diatas.. nah lebih mudanya lagi, kalian juga tidak perlu capek - capek merangkai rangkaian arduinonya.. kalian cukup meng copy, lalu paste pada apliakasi "simulator for arduino" nya.. nah setelah itu, langsung jalankan saja.. maka akan langsung dapat dilihat hasilnya.. cukup mudah bukan.. ya nama nya juga simulator.. tentu memper mudah donk..

oya... saya tekan kan dan lebih perjelas lagi... cara kerja program ini cukup simpel dan bisa dibilang cukup sederhana.. yaitu, ketika kita menekan tombol pertama, maka 4 lampu pertama akan menyala. dan 4 lampu terakhir akan mati. dan sebaliknya. jika kita menekan tombol kedua, maka 4 lampu pertama akan mati dan 4 lampu terakhir akan menyala. nah untuk lebih jelasnya, lihatlah gambar dibawah ini  yaa,,.
 



nah itu dia jalan program nya.. cukup muda dan simple bukan ? iya.. hanya seperti itu cara kerja code ini.. namun, walaupun simpel dan mudah, saya sedikit kesulitan membuat code ini.. karena terdapat dua tombol.. jadi sering terjadi crash antara tombol 1 dan tombol yang ke 2.. jadi sangat mengesalkan jika sudah crash.. karena tidak akan berjalan sesuai rencana .. hehe.. ,

oya.. jika sudah tau jalan programnya, yuk langsung saja kita kembali ke topik utama pada postingan ini.. yaitu "contoh program menghidupkan lampu dengan button pada simulator for arduino". oke langsung saja saya bagi kan source code nya..  ini dia source code nya...


const int buttonCount=2;
const int ledCount=10;
int ledPins[]={0,1,2,3,4,5,6,7,8,9};
int buttonPins[] = {10,11}
int button = 0;
int button2 = 0;

void setup(){
for (int led=0;led<=9;led++){
pinMode(ledPins[led],OUTPUT);
}
for (int pin=0;pin<=1;pin++){
pinMode(buttonPins[pin],INPUT);
}
}

void loop(){
int button = digitalRead(buttonPins[0]);
if (button == HIGH){
digitalWrite(ledPins[0],HIGH);
digitalWrite(ledPins[1],HIGH);
digitalWrite(ledPins[2],HIGH);
digitalWrite(ledPins[3],HIGH);
digitalWrite(ledPins[4],HIGH);
}else{
digitalWrite(ledPins[0],LOW);
digitalWrite(ledPins[1],LOW);
digitalWrite(ledPins[2],LOW);
digitalWrite(ledPins[3],LOW);
digitalWrite(ledPins[4],LOW);
}
int button2 = digitalRead(buttonPins[1]);
if(button2 == HIGH){
digitalWrite(ledPins[5],HIGH);
digitalWrite(ledPins[6],HIGH);
digitalWrite(ledPins[7],HIGH);
digitalWrite(ledPins[8],HIGH);
digitalWrite(ledPins[9],HIGH);
}else{
digitalWrite(ledPins[5],LOW);
digitalWrite(ledPins[6],LOW);
digitalWrite(ledPins[7],LOW);
digitalWrite(ledPins[8],LOW);
digitalWrite(ledPins[9],LOW);
}
}


nah itu dia programnya.. cukup panjang ya.. dan saya rasa juga tidak terlalu efektif . jadi saya mohon maaf ya temen - temen.. saya kan juga masih belajar.. jadi blum bisa membuat code dengan efektif seperti para master.. heeh

oya.. kalian bisa copy paste program diatas dan kreasikan sendiri untuk mendalami dan menghasilkan output yang lebih fariatif dan menarik lagi yaa... kalian bisa langsung copy dan paste di aplikasi simulator for arduino. dan langsung menjalankannya.

nah mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini... kurang lebih nya saya mohon maaf karena saya masih newbie. :) jangan lupa berkomentar ya.. apabila tidak keberatan minta tolong di share ya.. siapa tau bis bermanfaat bagi temen - temen kalian.. terutama bagi yang lagi belajar arduino... yawes tterimakasih ya.. wassalmualaikum wr. wb.
Please write your comments