cara membuat foto 360 derajat dengan android - Moh. Nikmat

Postingan

cara membuat foto 360 derajat dengan android

assalamualaikum wr. wb. hai para pembaca..

jumpa lagi nih dengan saya...  pada kesemapatan kali ini, saya ingin berbagi tentang aplikasi android nih.. yang fungsinya adalah untuk membuat gambar 360 derajat.  ya benar 360 derajat. yang artinya kita bisa mengambil gambar satu putaran penuh.. sebenarnya, aplikasi ini merupakan aplikasi untuk membuat atau memotret gambar yang akan kita lihat pada VR. taukah kalian apa itu VR?

VR merupakan teknologi yang mampu membuat kita bisa merasakan dunia maya. sehingga kita seakan - akan berada di dalam dunia maya yang terlah di program.  untuk lebih jelasnya klian bisa mencarinya di internet mengenai VR ini.. karena saya lebih fokus ke turorialnya..

nah, aplikasi ini sebenarnya di fungsikan untuk mengambil gambar yang khusus untuk di lihat dengan alat VR ini.  sehingga, saat kita melihat gambar atau foto tersebut, kita seakan - akan berada di tempat foto tersebut diambil. hal tersebut di dukung dengan adanya pengambilan suara oleh aplikasi ini. sehingga, kita semakin bisa merasakan suasana yang ada tempat asal pemotretan foto ini.  waw cukup canggih inovatif kan?

oh iya..  saya lupa menyebut nama aplikasi ini..  nama aplikasi ini adalah "cardboard camera". aplikasi ini merupakan buatan pemilik android sendiri yaitu google. sehingga tidak diragukan lagi kualitas aplikasi ini. karena kita tau, google termasuk salah satu raksasa teknologi di abad ini.
kalian bisa mencari aplikasi "chardboard camera" ini di di playstore. tenang saja..  aplikasi ini gratis kok.. jadi kalian bisa download dengan tenang..  hehe..

sudah penasan belum sama aplikasi yang satu ini? nah jika penasaran, berikut saya berikan cara pemakaian aplikasi ini..  yuk langsung saja..  ini dia...

  1. pertama - tama, tentu kalian harus download dan install aplikasi ini..  karena aplikasi ini bukan aplikasi bawaan android. untuk itu, kalian bisa cari di playstore dengan cara mengetikkan "chardboard camera" di kolom pencarian. atau lebih gampangnya, kalian bisa unduh disini.

  2. kemudian, silahkan buka aplikasi ini.  pertama kali di buka, maka akan di tampilkan tutorial pendek dari google. kalian bisa klik "next" sampai selesai.  atau bisa klik "skip" aja langsung.

  3. setelah itu akan tampil seperti di bawah ini. nah untuk membuat gambar 360 derajat, kalian bisa klik tombol kamera di pojok kanan bawah layar smartphone kalian. atau bisa liat di screenshoot pada langkah no. 7 di bawah ini.

  4. kemudian, silahkan kalian arah kan ke pemandangan yang ada di depan kalian. lalu klik tombol potret seperti pada kamera pada umumnya. oya, perlu kalian ketahui, kalian harus memegang smartphone kalian dengan posisi potrait atau berdiri. jika tidak, maka aplikasi ini tidak akan mau di jalan kan.

  5. setelah menekan tombol potret, silahkan kalian berputar hingga 360 derajat sambil mengarahkan kamera smartphone anda ke pemandangan di depan kalian. perlu kalian ingat, kalian harus bergerak secara perlahan. jika tidak, pengambilan gambarnya akan gagal. hal ini mungkin untuk mendapatkan kualitas yang bagus. 



  6. setelah kalian berputar hingga 360 derajat, maka aplikasi ini dengan otomatis akan menyimpan hasilnya. namun tunggu ya..  karena proses penyimpanan nya juga sedikit lebih lama dari pada menyimpan foto pada umumnya. kurang lebiu 15 detik.

  7. setelah tersimpan silahkan kalian coba lihat hasilnya. oya..  kalian juga bisa melihat contoh gambar yang di sediakan pembuat aplikasi ini di menu "shared with you". seperti di bawah ini.. silahkan pilih foto yang ingin kalian lihat ya...

untuk melihat hasik , kalian harus memakai VR. namun, ranpa VR pun kalian juga bisa melihatnya. caranya? berikut saya akan kasi langkah2 nya..  ini diaa..
  1. pertama - tama silahkan kalian klik gambar yang akan dilihat..  maka akan tampil seperti di bawah ini. 

  2. setelah itu silahkan kalian tutup speaker yang biasa di gunakan untuk menerima telpon.  maka dengan segera akan tampil seperti di bawah ini.

  3. silahkan putar kekiri dan kekanan untuk melihat hasil yang kita buat tadi.  seperti di bawah ini tampilannya temen - temen.. kalau di lihat langsung emang tidak bagus.  tp kalo di lihat lewat VR, tentu hasil nya akan memuas kan..

nah gimana mudah kan? iya lah mudah..  aplikasi ini cocok bagi kalian yang mempunyai VR.. oya..  sedikit informasi lagi nih..  googke juga punya produk atau aplikasi yang bisa di gunakan untuk VR mode..  namanya adalah "cardboard". kalian bisa mencarinya langsung di playstore.. atau untuk lebih mudahnya, kalian bisa klik disini untuk mengunduh aplikasi "cardboard" ini.

nah sekian dulu ya temen - temen pada postingan kali ini..  selamat mencoba ya.. semoga sukses ya..  atau jika ada masalah dan apabila ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa berkomentar di bawah postingan ini ya..
oya..  apabila kalian tidak keberatan, minta tolong di share ya temen - temen.. terimakasih sudah membaca.. dan semoga bermanfaat yaa.. kurang lebihnya saya mohon maaf dan mohon di maklumi yaa.. wassalamualaikum wr. wb.
Please write your comments