Cara merubah ukuran gambar untuk judul blog - Moh. Nikmat

Postingan

Cara merubah ukuran gambar untuk judul blog


assalamuallaikum wr. wb.
jumpa lagi dengan saya.. pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang tata cara merubah foto agar pas dengan lebar blog.. saya membuat poostingan ini karena saya merasa kesusahan saat pertama kali mengubah judul blog saya menjadi gambar.

mengapa ? karena saya harus membuat gambar yang akan saya jadikan header ini resolusinya harus sama dengan ukuran blog saya. walaupun tidak sama persis, tapi tetap harus mirip. karena jika tidak maka hasilnya tidak akan sesuai dengan yang kita inginkan.

jadi akan sangat mengganggu dan membuat kesel sih.. jadi yang tadi rencananya membuat blog kita menjadi keren dan indah malah gagal total nih.. jadi kayak blog yang tidak ter urus. karena seperti acak-acakan.. hehe mengapa saya berkata seperti itu.. lihat nih screenshoot di bawah ini..

karena panjang gambar saya tidak sesuai dengan lebar blog saya, maka gambar yang akan tampil pada headernya tidak akan tampil seluruhnya.. melainkan seperti di zoom.. sehingga hanya beberapa daerah saja yang akan di tampilkan....

(Baca juga : Cara merubah header atau judul blog menjadi gambar)


gimana? sangat mengganggu bukan? oleh karena itu, saya ingin membantu teman-teman untuk mengubah ukuran gambar teman-teman agar pas dengan ukuran blog teman-teman. sebenarnya, dulu saya juga sempat browsing. namun, yang saya temukan adalah mengubah ukuran gambar dengan menggunakan photoshop. sementara tidak memilikinya. jadi saya terus mencari solusi dengan hanya menggunakan aplikasi bawaan windows.

dan akhirnya, saya pun menemukan solusinya. saya menggunakan aplikasi bawaan windows. yaitu "paint". tentu tidak asing kan? nah dengan menggunakan aplikasi ini, kualitas gambar tidak menurun secara drastis. sehingga, gambar masih terlihat bagus. nah gimana prosesnya, langsung saja.. ini diaa..

  1. pertama, tentu kalian harus sudah memiliki gambar yang sudah siap. kalian bisa membuatnya dengan menggunakan "corel draw" atau aplikasi sejenis lainnya.
  2. setelah itu, kalian harus mencari tau berapa ukuran blog anda. caranya adalah kalian login ke blogger. lalu klik "template" lalu klik "sesuaikan" seperti di bawah ini.

  3. kemudian akan tampil seperti di bawah ini. silahkan kalian klik "sesuaikan lebar" seperti di bawah ini. nah ukurannya adalah seperti di bawah ini. punya saya adalah "1070 pixel". nah udah tau kan...

  4. selanjutnya, anda buka aplikasi "file explorer" lalu cari foto yang sudah anda siapkan tadi. setelah itu klik kanan dan pilih "open with" dan pilih "paint". 
  5. setelah itu, maka akan tampil aplikasi beserta gambarnya seperti berikut ini. lalu klik resize seperti di bawah.

  6. maka akan tampil jendela untuk mengubahnya. silahkan ubah ke ukuran "pixel" seperti no. 1 di foto, kemudian ketik angka yang tadi di kolom panjang foto seperti di no. 2. oya jangan lupa centang "maintance aspec ratio" nya. hal tersebut berguna, agar lebar foto langsung menyesuaikan saat kita ubah panjangnya. seperti pada no. 3 di gambar di bawah ini. setelah itu klik "ok".

  7. nah selesai.. silahkan klik "save". nah... udah siap untuk digunakan deh...
nah.. udah selesai... sekarang tinggal mengubah judul blognya... nah untuk membantu kalian, silahkan baca tutorialnya di sini ya..  Cara merubah header atau judul blog menjadi gambar . supaya blog kalian lebih bagus.. semoga bermanfaat ya...

sekian dulu ya.. kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan dan yang mebacanya... jangan lupa berkomentar ya... dan jika perlu di bagikan ke sosial media... wassalmualaikum wr. wb.
Please write your comments