Cara menghapus koneksi akun google dengan aplikasi - Moh. Nikmat

Postingan

Cara menghapus koneksi akun google dengan aplikasi

assalamualaikum wr.  wb.
Cara menghapus koneksi akun google atau Gmail dengan aplikasi - lagi lagi jumpa lagi nih...  pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang cara menghapus aplikasi yang terkoneksi dengan gmail kita. apa maksud dari terkoneksi tersebut? maksudnya disini adalah, pihak aplikasi tersebut dapat membaca privasi kalian. baik itu umur, alamat email, dan sebagainya. hal tersebut bermacam-macam tergantung dari aplikasi tersebut.

nah, akan sangat mengganggu bukan jika banyak yangbmengetahui privasi kita? saya pun seperti kurang enak apabila saya melihat list aplikasi yang sudah tidak kita pakai namun, masih terkoneksi.. sehingga, saya menghapusnya..  agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan pada akun kesayangan kita..

bisa dibayangkan apabila kita akunnkita bermasalah nantinya? padahal di akun gmail kita sudah banyak teesimpan data-data penting baik dari pesan email, drive, video di youtube dan aplikasi-aplikasi yang di sediakan google. karena, google sudah memberlakukan satu akun untuk semua aplikasi dan fasilitas milik google. seperti email, google drive, youtube, android, blogger, dan lain sebagainya.

apabila kita sudah tidak memakai aplikasi tersebut, alangkahblebih baiknya apabila kita memutus koneksi nya.. lalu bagaimana cara nya seh? berikut saya berikan tutorialnya... sebenarnya, cara memutus koneksinya, ada dua cara..  yaitu melalui aplikasi di android dan melalui gmail versi web. jadi, saya akan saya bagi menjadi dua tutorial..  oke, langsung saja..  ini diaa....
untuk yang melalui android adalah sebagai berikut ini...

  1. silahkan teman-teman cari aplikasi "google setting". aplikasi ini biasanya merupakan aplikasi bawaan android. sehingga kemungkinan secara default sudah ada di smartphone android kalian. silahkan cari ya.. biasanya nama aplikasi nya adalah "google setting" atau "setelan google".
  2. setelah dibuka, maka tampilan utamanya akan seperti berikut ini..  seperti menu pengaturan pada umumnya..  setelah itu, silahkan scroll ke bawah dan klik pada pilihan "connected apps".

    1. nah setelah di klik, silahkan kalian cek berapa banyak aplikasi yang terkoneksi dengan akun gmail kalian. gimana? berapa banyak? Nah kalian bisa mengitung sendiri ya berapa banyak nya.. hehe
    2. untuk memutus koneksinya mudah saja.. silahkan kalian klik pada aplikasi yang ingin dihapus.  saya ambil contoh aplikasi yang sudah tidak saya pakai lagi. Yaitu “slither dragons. Io” .

    3. setelah kita klik maka akan tampiln seperti di bawah ini. silahkan kalian lihat aplikasi tersebut dapat mengetahui apa saja..  seperti di bawah ini..  dan untuk memutuskannya silahkan kalian klik tombol “DISSCONNECT” seperti yang saya lingkari di bawah ini.
    4. lalu akan muncul kotak peringatan yang kurang lebih isinya “aplikasi yang bersangkutan atau aplikasi yang kita hapus tidak akan lagi melihat privasi kita lagi”. Silahkan kalian klik tombol “DISSCONNECT” untuk memutus koneksinya.. namun jika kalian ingin membatalkannya, silahkan kalian klik “cancel”.

    5. nah setelah itu aplikasi tersebut tidak akan lagi menerima informasi privasi anda. cukup simpel sebenarnya.
    nah setelah dari aplikasi android, yuk lanjut dengan versi web atau pc. kalian menggunakan browser apa saja. seperti chrome, mozila dan lain sebagainya.. nah yuk langsung saja.. ini diaa..
    1. silahkan temen-temen login terlebih dahulu ke gmail di www.gmail.com atau bisa klik disini.
    2. Setelah log in, kalian bisa pergi KE SINI... maka akan tampil seperti di bawah ini.. silahkan kalian klik pada “aplikasi dan situs yang terhubung”. Atau lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.


    3. Maka selanjutnya akan tampil seperti di bawah ini. silahkan kalian klik “kelola aplikasi” seperti yang sudah saya tandai di bawah ini.


    4. Nah setelah itu, maka akan tampil semua aplikasi yang terhubung dengan akun kalian. Silahkan kalian klik aplikasi yang ingin kalian putus koneksinya. 

    5. Setelah di klik, maka akan tampil tombol hapus beserta daftar privasi yang dapat di akses oleh aplikasi tersebut. Silahkan klik tomboh hapus untuk menghapus koneksi aplikasi tersebut ke akun kita.
    1. Setelah itu maka akan tampil kotak dialog untuk ferivikasi penghapusan. Klik “OKE” untuk menghapusnya. Dan jika kalian tidak ingin menghapusnya silahkan klik “CANCEL”.

    2. Nah.. selesai deh... oya catatan nih... jika kalian menghapus koneksinya, maka kalian harus membuat akun baru untuk membuka aplikasi yang kalian hapus tadi. Dan data kalian akan hilang di aplikasi tersebut. Jadi, hati – hati ya.., saya tidak bertanggung jawab atas kehilangan data di aplikasi yang bersangkutan.


    nah gimana? saya harap kalian bisa memperaktekannya dengan mudah.. jangan lupa berkomentar ya.. dan tidak ada salahnya apa bila kalian share ke temen kalian..  biar mereka juga bisa baca dan memperaktekkannya sendiri.. oke sampai disini dulu tutorial kali ini.. semoga bermanfaat.. kurang lebihnya saya mohon maaf. wassalamualaikum temen. 
    Please write your comments