Cara menampilkan widget di versi mobile - Moh. Nikmat

Postingan

Cara menampilkan widget di versi mobile

assalamualaikum wr. wb.
jumpa lagi nih dengan saya.. pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman lagi. yaitu tentang ngeblog lagi.. yaitu untuk menampilkan widget pada versi mobile.. nah, mungkin kalian sangat memperhatikan keindahan blognya di versi PC saja tanpa memikirkan keindahannya di versi mobile.

padahal, perkembangan smartphone sangat tinggi. dan smartphone menjadi barang yang sangat dekat dengan manusia. karena kemanapun orang pergi, tentu mereka tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. sehingga, orang-orang tentu akan lebih sering browsing dengan smartphone mereka. dan jika mereka mampir ke blog anda, tentu versi mobile lah yang mereka akan lihat.

walaupun tidak menutup kemungkinan para user mengunjungi blog anda dengan PC. namun, kemungkinan besar pengunjung berasal dari versi mobile. alasan tersebutlah yang mengharuskan kita mengedit template di versi mobile. sehingga, pengunjung blog kita tidak akan merasa bosan. dan blog kita pun tidak akan terasa seperti blog yang tidak diurus secara serius.

selain itu, menampilkan widget di versi mobile akan memudahkan pengunjung blog kita. karena, pada dasarnya widget berfungsi untuk memudahkan para user. contoh nya adalah  postingan populer. tentu sangat disayangkan apabila kita tidak menampilkan widget tersebut. mengapa? karena widget tersebut dapat meningkatkan trafik blog kita. karena di postingan populer, kita bisa menyarankan user untuk berkunjung ke blog kita. ya seperti iklan gitu. dan masih banyak lagi widget dengan berbagai fungsi lainnya.

nah, maka dari itu, saya ingin mengajak teman-teman untuk memperindah blog kalian dengan salah satu caranya adalah menampilkan widget di versi mobile. oke langsung saja ya.. ini diaa...

  1. silahkan login dulu ke blogger dulu menggunakan akun teman teman dulu.
  2. setelah itu, silahkan klik "template". maka tampilannya akan seperti berikut ini. lalu klik tombol yang bertanda seperti "gear". atau bisa liat seperti berikut ini.

  3. maka akan tampil seperti berikut ini. lalu klik di pilihan "default" maka akan tampil pilihan seperti pada screenshoot no. 4 di bawah ini..
  4. setelah itu klik atau pilih "khusus" dan klik "simpan". atau bisa lihat di bawah ini.

  5. nah jika sudah, silahkan klik "edit html". dengan warna tombol orange seperti pada gambar langkah no 2.
  6. kemudian cari code html. biasanya terletak di palih bawah. silahkan scroll hingga ke paling bawah. atau bisa mencari nama widget kalian.. dengan cara teken "ctrl+f" lalu ketik nama widget yang ingi kalian tampilkan di versi mobile. contoh yang saya ambil disini adala "popularpost". seperti pada no. 7 di bawah ini... disamping kanan kurung merah tersebut ada tulisan "popularpost".
  7. kemudian kalian pilih widget yang mana yang ingin kalian tampilkan di versi mobile. contoh, saya akan menampilkan "Postingan populer". dan saya harus menambah code "mobile=yes". kalian bisa liat screenshootnya seperti dibawah ini.

  8. nah, setelah itu klik "simpan perubahan". seperti di bawah ini.
  9. nah, untuk preview, silahkan kembali ke tombol "gear" yang tadi. seperti gambara langkah no. 2.
  10. maka akan tampil jendela baru seperti di bawah. lalu klik "pratinjau". seperti pada gambar langkah ke 3.
  11. biasanya akan terdapat di bawah potingan. jadi, scroll hingga menemukannya. dijamin sukses deh.. silahkan praktekkan yaa..
nah... gimana mudahkan? silahkan kalian praktekkan sendiri ya...
mungkin memang sudah banyak blog yang membahasnya. namun, karena ini merupakan bagian dari pengalaman saya, maka tidak ada salahnya jika saya memposting hal ini. dan saya harap, dapat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkannya dan yang tidak.
nah sekian dulu... kurang lebihnya saya mohon maaf dan harap maklum ya... sekali lagi saya katakan semoga postingan ini dapat bermanfaat.. wassalmualaikum wr. wb.
Please write your comments