Cara menghilangkan Navbar (Navigation Bar) - Moh. Nikmat

Postingan

Cara menghilangkan Navbar (Navigation Bar)

haii.. jumpa lagi nih.. oya lupa.. assalamualaikum wr. wb.

pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman lagi.. yaitu untuk menghilangkan Navbar (Navigation Bar). udah tau belum apa itu Navbar? nah, Navbar merupakan sebuah alat untuk memudah kan para pengunjung saat mengunjungi blog kita. namun, terkadang alat tersebut justru kurang bermanfaat dan hanya memakan ruang saja di halaman kita. oleh karena itu, kebanyakan blogger malah membuangnya.

selain itu, dengan adanya navbar ini, menjadikan blog kita seperti blog gratisan. ya.. walaupun emang gratisan, tapi dengan tidak adanya fitur ini, membuat blog kita sedikit lebih professional dan terkesan bukan blog yang baru saja dibuat. serta tidak membuat blog seperti blog yang dikelola oleh newbie. ya.. walaupun saya sendiri pun masih newbie.. hehe

jadi sebenarnya tidak alasan yang mendalam untuk menghilangkan navigasi bar atau navbar tersebut. jadi ya masalah soal keindahan saja.. jadi walupun kalian tidak menghapusnya, sebenarnya hal tersebut tidak masalah. malah hal tersebut akan memudahkan pengunjung kita nantinya. karena fitur tersebut, di ciptakan oleh google tentu untuk tujuan tertentu dan untuk kemudahan tertentu.

jadi logikanya, google tidak  akan menciptakan fitur tersebut tanpa manfaat. jadi, pasti ada manfaatnya kan.. tapi walaupun punya manfaat, saya cenderung memilih untuk menghapusnya.. karena, bisa kita lihat ke blog - blog para blogger professional.. kalian tidak akan menemukan yang namanya navigasi bar tersebut. sehingga saya pun juga ingin menghapusnya.

sehingga saya rasa, apabila blog terdapat navbar atau navigation bar blog tersebut merupkan blog baru atau blog yang newbie. ya walaupun opini saya tersebut tidak sepenuhnya benar. bisa saja saya salah.. dan tidak menutup kemungkinan juga apabila blog yang tampilannya keren, ternyata dihuni oleh admin yang masih belajar.. sehingga jangan tuntut kata - kata saya ditas ya apa bila perkataan saya salah.. hehe

oya sampai lupa.. bagi kalian yang belum tau apa itu Navbar, berikut saya berikan contohnya screenshootnya.. ini diaa..



gimana? udah tau dong... jadi tools atau alat tersbut berada di paling atas blog kalian. sebenarnya tidak mengganggu seh tapi ya kayak kurang elit gitu... sehingga saya hilangkan saja..

oke.. langsung saja ya.. saya berikan cara untuk menghilangkannya di bawah ini.. oke ini dia...


  1. pertama, tentu kalian harus login dulu ke blogger dengan akun kalian sendiri.
  2. kemudian, klik menu "tata letak" dan klik tulisan "edit" pada kolom Navbar seperti screenshoot di bawah ini.

  3. maka akan tampil jendela baru seperti di bawah ini. lalu pilih "off" dan klik "simpan". seperti di bawah ini.

  4. nah sudah selesai... untuk melihatnya, kalian bisa melihat blog kalian sendiri. jika belum, silahkan refresh terlebih dahulu.. dan lihat hasilnya.. sudah tidak ada kann... dijamin sukses deh. kalau gagal, bisa komen di kolom komentar ya...

nah itu dia caranya.. sebenarnya cukup simpel dan mudah kan? dan mungkin sudah banyak blog yang terlebih dahulu membahas tentang masalah ini.. namun, karena ini merupakan pengalaman saya, tidak ada salah nya kan saya tulis atau posting. karena blog ini saya isi sebagai blog yang berisi pengalaman saya selama saya melakukan blogging. yang nantinya saya harap postingan ini dapat bermanfaat bagi sesama terutama bagi temen - temen yang ingin menjadi blogger.

sekian dulu yaa.. kurang lebihnya saya mohon maaf.. dan semoga bermanfaat..wassalamualaikum wr. wb.
Please write your comments