Cara merubah template Blog - Moh. Nikmat

Postingan

Cara merubah template Blog

assalamualaikum wr. wb.

jumpa lagi nih.. pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tentang tata cara untuk mengganti template atau tema blog. nah, sungguh membosankan apabila template blog kita hanya itu itu saja? nah, maka dari itu saya ingin membagikan sebuah tutorial untuk mengganti template blog kita.

pada pengalaman saya, saya saya cukup lama menggunakan template bawaan dari google. namun, telah saya buktikan bahwa template tersebut tidak SEO (Search engine optimazion)  friendly. tau dong apa artinya. maksudnya adalah, ketika kita search postingan di google, maka postingan kita sangat sulit untuk ditemukan.

dan setelah saya, menggantinya dengan template yang telah saya download, maka dengan cepat saya dapat menemukan postingan saya di pencarian google. SEO sangat penting adanya. karena akan sangat percuma apabila kita memiliki banyak postingan namun, tidak dapat dijangkau atau di temukan oleh para pencari di google. yang ada maka blog kita akan sepi pengunjung.

percuma dong kita susah-susah menulis tapi tidak di baca orang lain. sehingga akan membuat percuma saja. dan telah banyak ditemukan di pencarian google untuk mengoptimasi SEO tersebut. hall tersebut, membuktikan betapa pentingnya sebuah SEO.


sebenarnya, pihak blogger sudah menyediakan berbagai macam pilihan template untuk kita pilih. namun, para blogger cenderung untuk memilihnya. karena, di sisi seo, blog tersebut tidak memiliki SEO yang optimal. nah  kalian bisa lihat tempate - template tersebut saat kalian hendak ingin mengganti template atau dengan klik menu "template" di blog.

namun, karena hanya itu-itu saja dan kurang menarik. sehingga untuk mendapatkan template blog yang bagus kita harus mendownloadnya sendiri. sebenarnya, banyak alasan yang membuat blogger tidak memilih template yang sudah di sediakan oleh google tersebut.

dan saya pribadi jika ditanya, mungkin alasan yang paling utama adalah dari sisi SEO yang yang sangat minim. kemudian, tidak terlalu responsive yang artinya, untuk memuat template ini memerlukan waktu yang cukup lama. kemudian, template yang disediakan oleh google terlalu kaku sehingga kurang menarik untuk dipasang di blog kita. dan yang terakhir adalah seperti blog gratisan. ya walaupun emang blog gratisan seh. hehe tapi setidaknya dengan mengganti template yang tepat, akan membuat blog kita terlihat lebih professional.

untuk mendownloadnya kalian bisa mencarinya di google. karena sudah banyak orang atau blog maupun website yang menyediakan template secara gratis maupun berbayar. silahkan pilih template blog yang menurut kalian bagus. tapi saya sarankan yang minimalis dan fast loading alias responsive.

setelah cocok silahkan kalian download disana. biasanya file yang akan kalian dapatkan adalah file .rar. jadi kalian tentu harus berhati-hati agar tidak mendapatkan file yang merupakan iklan. nah, mohon maaf saya tidak bisa menyediakan template. karena saya masih newbie dan belum bisa membuat template blog sendiri. jadi kalian bisa unduh di situs lain dengan keyword yang beragam. contoh "download template blog responseive".

nah, jika kalian sudah mendapatkan filenya, maka kita mulai prosesnya...


  1. silahkan cari file nya di file explorer lalu extract dengan cara klik kanan pada file "rar" nya.. lalu pilih "extract here".
  2. maka akan tampil folder baru yang bernama sama seperti file yang sudah di download tadi.
  3. nah setelah itu silahkan kalian pergi ke blog kalian. lalu klik "Template". setelah itu klik "cadangkan dan pulihkan" di bagian pojok atas kanan halaman tersebut. seperti di bawah ini.

  4. maka akan tampil jendela baru seperti berikut ini. setelah itu klik tombol "pilih file".

  5. maka akan tampil "file explore" seperti di bawah ini. cari folder hasil extract tadi. seperti dibawah ini. klik 2 kali folder nya lalu pilih file "xml" nya seperti dibawah ini. jangan sampai salah ya memilih dokumennya.

  6. setelah  itu klik tombol "unggah". seperti yang ada tepat di bawah tombol "pilih file" seperti pada gambar no. 4 diatas.
  7. tunggu hingga loading nya selesai. dan jika selesai, silahkan kalian lihat blog kalian. jangan lupa untuk refresh ya... selamat mencoba..,
nah selesai dah... gimana mudah kan?

kalian bisa mencari template sesuai dengan selera kalian. di google pun banyak bertebaran untuk template dan bisa di download secara gratis. walaupun, ada juga yang menyediakan atau menjual template yang tidak gratis. dan dari sisi kelebihannya pun juga sangat banyak yang ditawarkan dari pada yang versi gratisan.ya namanya juga gratisan. pasti fiturnya lebih sedikit dari pada yang premium.

nah sekian dulu ya pada postingan kali ini semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.. kurang lebihnya saya mohon maaf dan mohon dimaklumi ya... karena saya pun masih belajar.. wassalamualaikum wr. wb.

Please write your comments