Cara mengatur dan memindahkan gadget blog - Moh. Nikmat

Postingan

Cara mengatur dan memindahkan gadget blog

Assalamualaikum wr. wb.

jumpa lagi kawan.. kesempatan kali  ini saya ingin pergunakan untuk mengatur tata letak gadget di side bar blogger. cara untuk mengatur ini memang sangat simple dan mudah dan mungkin sudah banyak blogger yang sudah memposting hal yang sama. namun, beda orang, beda pula penjelasannya. sehingga tidak ada salahnya jika saya memposting hal tersebut.

mengatur widget menurut saya sangat penting adanya. karena dengan adanya pengaturan urutan dari widget ini, kita dapat memperioritaskan widget yang mana yang paling penting. dan menurut saya yang sangat penting adalah popular post. mengapa? karena hal tersebut dapat membuat orang tau postingan kita yang paling banyak dikunjungi orang. yang nantinya akan mempengaruhi pengunjung tersebut untuk mengunjungi postingan yang populer tadi. ya bisa kita katakan seperti iklan gitu.

dan dengan cara seperti diatas, dapat menaikkan trafik blog kita nantinya. sehingg, tidak ada salah nya apabila kita meletakkan widget ini di sisi blog paling atas. sehingga para pengunjung blog kita dapat mengetahui informasi tersebut dengan cepat.

saya sarankan sih kalian meletakkan widget berdasarkan prioritas. dari yang paling penting berada di paling atas. agar pengunjung dapat langsung melihatnya. karena jika ada di bawah, maka kemungkinan untuk dilihat oleh pengunjung akan sangat berkurang. karena jika pengunjung tidak scroll halaman kalian hingga kebawah, maka widget tersebut tidak akan terlihat oleh pengunjung. sehingga akan membuat hal tersebut percuma saja.


(Baca juga : cara menambahkan widget di blog)

oya sampai lupa nih.. lalu sebenarnya taukah anda apaitu "gadget di side bar" itu ? berikut saya berikan screenshoot gadget side bar blog ini. ini diaa...







nah dari screeshoot diatas, udah tau kan apa itu "widget di side bar" ? oke biar lebih jelas saya kasi penjelasan lagi. "widget side bar" merupakan widget yang ada di samping postingan kita. sehingga widget dan postingan akan ditampilkan secara bersamaan.

(Baca juga : cara menambahkan widget di blog)

nah setelah itu, taukah kalian cara mengatur atau mengurutkan nya sesuai kemauan kita ? nah jika kalian belum mengetahuinya, tidak ada salahnya jika kalian membaca postingan ini.. dan saya harap postingan ini dapa membantu temen - temen yang membacanya... oke langsung saja ke topik utamanya. ini diaa...


  1. pertama-tama tentu kalian harus log in ke blogger milik kalian sendiri.
  2. setelah itu klik pilihan menu "tata letak" seperti berikut ini.

  3. setelah itu scroll kebawah hingga kalian menemukan tampilan seperti dibawah ini. dan biasanya bertuliskan "sidebar-........" di atas kolomnya.

  4. nah setelah itu klik dan tahan lalu seret ke urutan yang di inginkan pada kolom yang berisi nama gadget yang di kehendaki. contohnya, silahkan klik dan tahan salah satu widget nya. lalu seret kebawah atau keatas. sesuai kehendak kalian ya...
nah sudah selesai.. gimana ? mudah kan ?
hal tersebut sebenarnya sangat simple dan mudah.. namun, apabila kalian baru memulai untuk menjadi blogger, akan sangat membingungkan sekali. jadi saya kasi sedikit pencerahan nih buat para bloger pemula seperti saya. jadi saya harap postingan ini dapat bermanfaat bagi para pengunjung yang membacanya...

(Baca juga : cara menambahkan widget di blog)

sekian dulu ya.. semoga bermanfaat.. kurang lebihnya saya mohon maaf dan mohon dimaklumi yaa.. karena saya sama dengan kalian yang masih belajar menjadi blogger .. hehe.. udah dulu ya... wassalamualaikum wr. wb.
Please write your comments