Cara menggunakan offline maps tanpa koneksi internet - Moh. Nikmat

Postingan

Cara menggunakan offline maps tanpa koneksi internet

sebelumnya, assalamualaikum wr. wb.

nah.. kesempatan kali saya ingin berbagi kemudahan pada kalian yang sering bepergian. kenapa? karena bagi kita yang menggunakan gadget, tentu akan menggunakan gadget kita jika kita tidak tau jalan menuju tempat yang kita tuju. sebut saja petunjuk arah dari gps. nah, pada postingan ini saya ingin memberikan saran agar anda lebih hemat dalam menggunakan peta dan menggunakannya untuk penunjuk arah.

sebelumnya, saya tidak percaya jika ada navigator offline. namun, saya juga penasaran dan akhirnyapun mencobanya. dan alangkah senangnya saya karena navigator offline yernyata benar adanya. dan bekerja dengan sangat baik seperti navigator online. agar kalian lebih peecaya, berikut saya sertakan bukti screenshootnya..



nah gmn? tidak ada tanda koneksi kan? dan saya pun menggunakannya seperti saat online. hampir tidak ada bedanya. oya saya menggunakan aplikasi "maps" bawaan android.  aplikasi ini menjadi aplikasi bawaan google.namun, jika kalian tidak menemuka aplikasi ini di smartphone kalian, kalian bisa mengunduh aplikasi ini di play store. atau lebih mudahnya kalian bisa klik disini untuk mengunduh aplikasi tersebut.

navigasi maps akan sangat dibutuhkan apabila kita bepergian kesuatu daerah yang kita tidak tau jalannya. menggunakan navigasi ini sangat akurat. karena saya sudah membuktikannya berulang - ulang ketika saya bepergian ke surabaya. saya selalu menggunakan aplikasi maps ini  dan saya merasa puas dengan fitur yang sangat membantu.

walaupun di surabaya sangat padat dan terdapat banyak sekali persimpangan, jujur saya tidak pernah bertanya kepada orang - orang atau masyarakat disana untuk mencapai tujuan saya. karena, dengan aplikasi ini saya sudah mendapat informasi yang saya butuhkan.

aplikasi ini juga memberikan navigasi suara. yang akan mengatakan kemana kita harus berbelok ketika ada persimpangan. hal ini tentu memudahkan penggunaan aplikasi ini. karena kita tidak perlu lagi melihat ke layar smartphone kita lagi yang akan mengganggu konsentrasi kita saat berkendara. gimana ? menarik bukan ?


nah, yuk sekarang kita kembali ke topik utama.. yaitu cara menggunakan aplikasi maps tersebut secara ofline. ini diaa..

  1. pastinya kalian terhubung dengan internet terlebih dahulu lalu buka aplikasi maps tersebut. namun, jika belum memiliki aplikasi tersebut, silahkan undu di playstore. atau lebih mudahnya kalian bisa KLIK DISINI.

  2. setelah itu klik tombol pilihan yang berada di pojok kiri atas layar smartphone anda. biasanya tombol ini akan akan terlihat seperti 3 garis horizontal yang berjejer rapi.

  1. maka akan tampil seperti berikut ini. lalu klik "offline areas" seperti di bawah ini.

     

  1. maka akan tampil laman kosong dengan tombol tanda plus di pojok kanan bawah smartphone kalian.. lalu klik tanda plus yang saya jelaska tadi...
  1. setelah itu akan tampil peringatan yang menganjurkan kalian menggunakan wifi karena file nya cukup besar. yaitu sekitar puluhan MB. silahkan kalian klik "download now".
     
  2. maka akan tampil seperti di bawah ini. setelah itu pilih area lokasi anda yang ingin anda save offline. lalu klik "download".
     

  1. nah setelah itu kasi nama lokasi yang anda simpan tadi. kalian bebas memberi nama apa saja daerah tersebut.

     
  2. setelah itu tunggu hingga prosesnya selesai. saya sarankan, kalian unduh file nya lewat wifi saja.. karena file bisa mencapai ratusan MB.
nah gimana..  mudah kan? nah sekarang coba kalian matikan koneksinya.. lalu coba pakai untuk navigtor dan bawa hape anda berkeliling. gimana? persis seperti online kan? oya untuk menggunakannya, kalian harus menghidupkan sensor GPS kalian..karena aplikasi ini menggunakan fitur tersebut agar berfungsi dengan baik dan akurat...

selamat mencoba ya temen - temen.. dan jangan lupa berkomentar ya... mungkin hanya itu yang saya bagikan kali ini.. semoga bermanfaat..  dan kurang lebihnya saya mohon maaf.. dan  jangan lupa share ya... wassalamualaikum wr. wb.


Please write your comments