Cara menambah gadget (postingan popuoler) blogger - Moh. Nikmat

Postingan

Cara menambah gadget (postingan popuoler) blogger


assalamualaikum wr. wb. haii ketemu lagi..

pada kesempatan yang satu ini, saya ingin berbagi tata cara membuat blog kita agar lebih cantik dan lengkap. caranya adalah dengan menambah gadget di samping blog kita. Gadget di blog merupakan alat-alat untuk membantu pengunjung blog kita nantinya. contohnya adalah seperti pencarian, voting, menampilkan laman, menampilkan jumlah pengunjung, menampilkan postingan yang paling banyak dikunjungi dan masih banyak lagi.

(Baca juga : cara mengatur dan memindahkan gadget blog)

nah cukup banyakkan ? sangat disayangkan apabila kita tidak menampilkan salah satu widget di template kita nantinya. mengapa ? karena perkembangan kemudahan teknologi informasi pada saat ini sangat pesat.. sehungga, banyak orang yang melakukan proses browsing menggunakan laptop atau PC mereka. dengan begitu, akan terasa percuma jika kita hanya mengedepankan keindahan template tanpa mengedepan kan sisi fungionalitasnya..

penambahan widget yang bermanfaat menjadi salah satu alat yang membantu pengunjung saat mengunjungi blog kita. misalnya, widget postingan populer yang berguna untuk memberikan informasi postingan yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung. ya kayak proses iklan gitu. sehingga, dengan begitu kita dapat meningkatkan trafik blog kita.

Widget juga membuat template kita tidak garing atau membosankan. bisa di bayangkan kan bagaimana garingnya jika blog hanya berisi postingan saja..maka dari hal itu, penambahan widget di  sangat bermanfaat bagi para pengunjung blog kita nantinya.

(Baca juga : cara mengatur dan memindahkan gadget blog)

namun, terlepas dari semua fungsi yang telah saya sebutkan diatas, widget juga dapat berdampak buruk terhadap performa blog kita.. karena widget juga dapat membuat template kita tidak responsiv. yang akhirnya akan membuat proses loading menjadi lambat. jadi memasang widget tidak boleh sembarangan. pasanglah widget seperlunya saja.


Nah, Langsung saja kita menuju topik utama kita yaitu menambah gadget di blogger. ini diaaa..


  1. pertama kali, kalian tentunya harus log in terlebih dahulu ke blogger.
  2. setelah itu kalian masuk ke menu "tata letak" seperti di bawah ini.

  3. Setelah itu klik "tambah gadget" seperti di bawah ini. jika kalian tidak menemukannya, kalian bisa scroll kebawah.

  4. Maka akan tampil window baru seperti di bawah ini. Lalu cari gadget yang kalian inginkan. Nah, sebagai contoh saya akan menambah Gadget "entri populer". seperti dibawah ini.

  5. lalu pilih atau klik "simpan peubahan" di pojok kanan atas halaman yang berwarna orange.
  6. Lalu lihat hasilnya dengan cara klik "lihat blog" atau buka blog kalian secara maual.
  7. maka hasinya akan tampil di blog kalian.. tepatnya di sebelah samping postingan kalian..
nah itu diaa... cukup mudah bukan ? tentu kalian bisa menambah yang lainnya sesuai keinginan kalian.namun, sekali lagi, saran saya Kalian harus bijak dan tidak berlebihan karena bila berlebihan, Blog kalian akan berat dan loading nya akan lama saat pengunjung mengunjungi blog kalian.

tentu pengunjung akan senang jika proses loading yang berlangsung menjadi cukup singkat. terutama pada peengunjung yang memiliki koneksi yang lambat. bisa dibayangkan kan betapa keselnya jika kalian ada di posisi tersebut.

(Baca juga : cara mengatur dan memindahkan gadget blog)

oke sampai disini dulu yaa temen - temen ... kurang lebihnya saya mohon maaf dan mohon di maklumi.. dan semoga postingan kali ini dapat bermanfaat. wassalamualaikm wr. wb.


Please write your comments