Cara mengatur jam dan tanggal windows 10 - Moh. Nikmat

Postingan

Cara mengatur jam dan tanggal windows 10

haaii.. jumpa laggi dengan saya.. oya lupa assalamualaikum w. wb.
pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah pengalaman dan sekaligus solusi bagi temen-temen yang tidak dapat mengubah jam dan tanggal pada windows 10 kalian.

nah, sebenernya saya mengalami hal tersebut sejak lama.. sejak setelah saya menginstall ulang laptop saya yang bermasalah.. namun, sejak itu, laptop saya tidak bisa diubah jam maupun tanggalnya.. tombol "change" nya mati. lantas saya berpikir masalah tersebut dikarenakan Bios saya yang tidak support terhadap windows saya.. karena, pada saat itu windows 10 masih baru di rilis. hal tersebut tentu memperkuat prasangka saya... namun karena hal tersebut tidak terlalu penting, maka saya mengabaikannya...

namun, karena saya merasa terganggu akan hal tersebut saya juga sempat browsing cara untuk update bios. namun, sempat saya baca resikonya juga banyak.. saya pun merasa takut dan tidak mau ambil resiko.. lantas saya mengurungkan niat saya.. walaupun saya sudah mengunduh file nya.. setelah itu saya membiarkan nya saja..

namun, kesahalan jam ini dapat mengganggu saya.. karena dapat mempengaruhi jam pada aplikasi lainnya.. karena akan memberikan informasi waktu yang salah juga.. karena, aplikasi tersebut mengambil informasi jam dan tanggal dari komputer kita.. sehingga, apabila di komputer kita salah, maka komputer salah, maka di aplikasi pun akan salah juga.

kesalahan tanggal dan jam juga dapat mengganggu apabila kita membutuhkan informasi waktu. sedangkan saat itu kita tidak ada pemberi waktu lainnya. seperti jam maupun smartphone. hal tersebut akan mengurangi fungsionalitas laptop kita.

lalu sempat lama berselang, saya pun menemukan solusi masalah saya secara tidak sengaja... karena, saya saya hanya mencoba untuk mengotak - atik pengaturan jam dan tanggal saya... nah saya mencoba untuk menekan tombol - tombol yang ada disana.. nah dan akhirnya bisa juga .. hehe

oya berikut saya sertakan sertakan screenshoot yang membuktikan bahwa tombol "change". seperti pada gambar di bawah ini :


telah saya katakan seperti diatas, secara tidak sengaja saya menemukan jawabannya. dan sangat simple sekali. dan mungkin ini yang bermasalah pada diri saya sendiri.. yaitu karena kurang teliti.. lalu bagai mana ini caranya ? yuk kita liat ini dia langkahnya :


  1. arahkan kursor ke pojok kanan bawah monitor seperti di bawah ini. lalu klik tanggal dan waktunya.
  2. setelah di klik, akan muncul jendela tanggal seperti di bawah ini. setelah itu silahakan klik Date and time setting.


  3. lalu akan tampil jendela seperti dibawah ini. seperti pada gambar langkah no. 4 di bawah ini.
  4. nah, bisa kalian lihat, pada gambar diatas, tombol 'change' nya masih mati. untuk menghidup kannya, silahkan matikan tanda 'on' diatas. sehingga tombol 'change' nya akan hidup seperti di bawah ini.



  5. setelah itu klik tombol "change" dan atura waktunya. seperti di bawah ini.




nah gimana temen temen ? udah di praktekkan belum ? udah berhasil kan ? semoga berhasil ya.. sebenarnya ini merupakan pengalaman pribadi saya.. jadi tidak ada salahnya saya share dan saya harap dapat bermanfaat bagi temen-temen yang membutuhkannya.. nah kurang lebih seperti itu lah caranya. demikian postingan kali ini, sampai jumpa di postingan lainnya. 

jangan lupa di share yaa.. karena berbagi itu indah...

terimakasih wassalamualaikum wr. wb.
Please write your comments