Cara mengatasi Brightness yang tidak bisa diatur - Moh. Nikmat

Postingan

Cara mengatasi Brightness yang tidak bisa diatur

haii... assalamualaikum wr. wb. jumpa lagi nih dengan saya..
saya tanya dulu nih hehe...
apakah laptop temen - temen tidak bisa diubah tingkat kecerahannya setelah install ulang? ya.. hal itu juga terjadi pada laptop saya. saya sudah browsing di google kesana kemari tapi tidak ada hasilnya. karena kebanyakan memposting tentang cara mengupdate driver. namun, karna masalah saya ini beda, maka cara itu tidak bekerja sama sekali.

karena kecerahannya tidak bisa diatur, maka akan sangat mengganggu jika berada di tempat yang gelap. karena, cahaya laptop berada di level maksimal. sehingga bisa kita bayangkan betapa sakitnya mata kita melihat ke layar laptop kita. karena masalah tersebut sangat mengganggu, maka saya berusaha untuk mengatasinya agar laptop saya nyaman untuk digunakan pada suasana yang kurang cahaya.

saya mencari pengaturan di laptop saya tidak saya temukan dan hal tersebut percuma saja.. saya telah berulang kali membuka pengaturan windows dan pengaturan yang lainnya.. tapi tetap tidak menghasilkan hasil yang membuat saya senang dan lega..

lalu, saya mencarinya di google dan hampir semua saya kunjungin. tapi apa daya.. semua tutorial yang ada, tidak ada yang bekerja..   lalu apa masalahnya? yuk kita simak langkah - langkah berikut ini..




  1. Cek apakah laptop teman - teman mirip dengan kasus saya...
    apabila laptop teman-teman sama seperti punya saya yaitu belum terinstal Driver dari intel. yaitu Intel HD graphic driver. maka untuk memastikan hal tersebut, kalian bisa klik kanan pada dekstop laptop temen-temen seperti dibawah ini :
    nah, jika tidak ada pilihan seperti yang saya kurungi diatas, yaitu setting untuk "graphic" berarti benar laptop teman-teman belum terinstal driver intel HD graphics. lalu kembali ke pada brightness yang tidak bisa kita atur. caranya cukup simple. kita hanya perlu mmenginstal driver tersebut. caranya bagaimana ? kalian bisa mencarinya di situs resmi intel atau bisa kalia klik disini.
  2. kalian harus mendownload sesuai spseifikasi lengkapnya baik spesifikasi processornya maupun os yang kalian gunakan. karna apabila tidak cocok dengan processor yang ada di laptop kalian, maka driver tersebut tidak akan bisa di instal.

    kalian bisa mencari driver yang cocok untuk laptop kalian di google. contoh key word atau kata kuncinya adalah  "download intel HD graphics driver core i3 for windows 10" lalu klik yang paling atas seperti di bawah ini :


  3. pastikan kalian memilih link yang menuju situs resmi milik intel. namun, sebelum kalian unduh, cek dulu kecocokannya dibawah halaman. kalian scroll kebawah dan cari kecocokannya seperrti di bawah ini :



    kalo processor kalian tercantum disana, itu artinya cocok dan langsung saja download dan install di laptop kalian. seteleh di install aplikasi tersebut, silahkan restart terlebih dahulu agar setting nya dapat bekerja. nah setelah itu dijamin laptop kalian sudah bisa di atur brightnessnya.

    namun apabila tidak tercantum, silahkan cari driver yang lainnya... kemudian, jika kalian mendapatkan pesan kegagalan saat menginstal, itu artinya driver yang sudah kalian download tadi itu tidak cocok.. silahkan cari kembali dan temukan yang kompatibel ya...


nah silahkan praktekkan ya temen - temen.. insyaallah saya jamin bisa di atur dan work deh... mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan. semoga bermanfaat ya... jangan lupa untuk berkomentar.. dan bagikan bila anda rasa postingan ini bermanfaat.. nah, kalau ada kesulitan bisa dityakan di kolom komentar.. kurang lebihnya saya mohon maaf wassalamualaikum wr. wb.
Please write your comments