Cara konversi ikon blog tanpa aplikasi - Moh. Nikmat

Postingan

Cara konversi ikon blog tanpa aplikasi

assalamualaikum wr. wb. jumpa lagi dengan sayaa...
kali ini saya akan berbagi tentang solusi atas masalah yang sudah saya alami..
yaa.. pada kejadian yang lampau, saya ingin mengubah favicon atau icon blog saya sendiri. saya mulai mendesign dengan kreatifitas saya sendiri hingga semuanya pun siap dan tinggal menguploadnya saja. namun, disinilah saya mengalami masalah. ternyata, ukuran file saya terlalu besar hingga ditolak oleh blogger.

lalu, saya mengubahnya sedemikian  rupa hingga ukurannya dibawah 100 kb seperti yang diminta oleh blogger. namun setelah saya perkecil, saya mendapatkan masalah baru. yaitu, file saya harus berbentuk bujur sangkar. nah.. sampai disini saya juga merasa kesal tidak karuan.. mengapa tidak.. saya sendiri tidak tau apa itu bujur sangkar.. kan jadi bingung sendiri temen - temen... tapi yang terlintas di pikiran saya, bujur sangkar adalah kotak.. jadi gambar harus berbentuk kotak. itu persepsi saya...

kemudian, saya utak atik menggunakan aplikasi ini itu tetap saja ditolak. saya  pun sempat merasa frustasi dan menyerah akan hal tersebut.. karena saya sudah memakai aplikasi pengedit foto bermacam-macam tapi tetap tidak ada hasil yang memuaskan.. semuanya gagal di upload untuk dijadikan sebagai favicon atau favorit icon pada blog saya..

lalu saya coba iseng iseng cari di internet. wah saya berbahagia karena ada situs yang melayani convert gratis menjadi file ber extensi ico. saya pun mencobanya dan alhamdulillah langsung bisa diubah menjadi ikon blog saya. mau tau caranya ini diaa...

  1. Buatlah gambar ikon sesuai selera kalian. terserah kalian mau menggunakan aplikasi apa saja. tapi saran saya jangan membuat tulisan yang kecil karena percuma tidak akan terlihat setelah menjadi ikon. jadi, usahakan hanya memuat 1 atau 2 huruf saja atau lambang.
  2. setelah itu, langsung saja masuk ke situs nya. ke > sini. tampilannya akan seperti di bawah ini. lalu klik browse untuk mencari file kalian.
  3. setelah itu pilih ukuran sesuai kebutuhan kalian. disini terdapat 2 versi.. yaitu ukuran "16x16" dan "32x32" seperti yang kalian lihat pada gambar di bawah ini. setelah itu kalian bisa langsung membuatnya dengan cara klik tombol "create" seperti pada nomor 3 di bawah ini


  4. setelah selesai silahkan download dengan cara menekan klik tombol panah seperti pada gambar di bawah ini.


nah gimana ? cukup mudah bukan? kita tidak perlu repot-repot mengubahnya lagi dengan menggunakan aplikasi ini itu yang hasilnya belum tentu berhasil. 

oya nih saran saya anda harus memilih atau membuat gambar dengan ukuran kurang dari 500 kb. dan setidaknya, gambar anda harus dengan dimensi yang kecil. karena pengalaman saya, gambar dengan ukuran diatas 500 kb akan ditolak untuk dikonversi oleh website tersebut. begitu pula dengan gambar yang dimensinya besar. dimensi adalah ukuran gambar tersebut. contoh 30x30 atau 6x6. 

nah setelah itu silahkan ubah ikon blog kalian. jika kalian belum tau cara mengganti favicon blog kalian, klian bisa membaca postingan saya  yang ini ya temen - temen... cara mengganti favicon di blogger


mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan dipost kali ini. sampai jumpa ya di postingan saya selanjutnya... jangan lupa berkomentar.. dan jika kalian suka, kalian juga bisa share potingan ini ketemen-teman kaliann... semoga bermanfaat. kurang lebihnya saya mohon maaf wassalamualaikum wr. wb.

Please write your comments